Angkor Wat, Kamboja

Monumen religius terbesar di dunia yang terletak di Kamboja: Angkor Wat

Angkor Wat adalah monumen religius terbesar di dunia yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Suryavarman II pada pertengahan abad ke-12. Angkor adalah ibu kota Kekaisaran Khmer. Kompleks kuil awalnya untuk agama Hindu, tapi kemudian menjadi monasteri Buddhis setelah pengaruh agama Buddha masuk ke negeri itu.

Kuil ini memegang peranan penting sejak pembangunannya serta mewakili Kamboja di bendera nasionalnya. Angkor Wat benar-benar merupakan mahakarya arsitektur Khmer. Menurut mitologi Hindu, kuil dibangun menyerupai rumah para Dewa. Angkor Wat awalnya dibangun untuk didedikasikan bagi Dewa Wisnu serta dikatakan bahwa waktu pembangunan memakan 30 tahun. Pahatan di Angkor Wat merupakan komposisi kesempurnaan, proporsi dan keseimbangan, sehingga menjadikannya struktur paling menakjubkan di seluruh dunia. Wat artinya kuil dalam bahasa Khmer, sedangkan Angkor adalah namanya. Selanjutnya, kompleks kuil ini menjadi monumen Buddha Theravada kemungkinan pada abad ke-16. Angkor Wat juga dikenal sebagai monumen makam Suryavarman II yang menghadap Barat sebagai simbol matahari terbenam dan kematian. Kuil ini berjarak 5,5 km utara dari kota Siem Reap.

Fakta Mitologis Konstruksi Angkor Wat

Menurut legenda, Angkor Wat dibangun atas perintah Dewa Indra sebagai istana bagi putranya Precha Ket Mealea. Fondasi didedikasikan untuk Dewa Wisnu sebagai kuil kenegaraan dan ibu kota tapi tidak digunakan lagi setelah kematian Raja sehingga pembangunannya tidak selesai. Nama aslinya tidak diketahui, tapi ada beberapa orang mengatakan namanya Varah Vishnu Lok.

Menara dan Lukisan Tersembunyi

Angkor Wat, Kamboja
Angkor Wat, Kamboja

Kuil Angkor Wat mencakup daerah kira-kira seluas 5 km yang dikelilingi oleh parit sepanjang 200 m. Parit ini dalamnya 4 m dan berfungsi menstabilkan fondasi agar kuat dan mencegah air tanah untuk naik. Pintu masuk utama kuil berada di arah Barat dan dijaga oleh patung singa di sepanjang jalan. Di tengah-tengah terdapat menara utama yang dapat dilihat dari tangga masuk, di sana terdapat patung Dewa Wisnu di atasnya. Baru-baru ini ditemukan lukisan kuil tersembunyi dalam menara tengah. Satu ruang di dalam menara terdapat alat-alat musik Khmer yang disebut pinpeat, terdiri dari gong, xylophone, dll. Dalam ruangan yang sama, terdapat gambaran orang-orang naik kuda di antara dua struktur yang kemungkinan merupakan kuil itu sendiri. Kedua lukisan ini termasuk dalam 200 lukisan yang ditemukan baru-baru ini.

Angkor Wat, Kamboja
Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat termasuk salah satu situs warisan dunia dalam daftar UNESCO berkat aspek budaya, religi, dan sejarahnya. Arsitektur Khmer ini adalah situs ziarah bagi seluruh Asia Tenggara. Salah satu fitur paling menarik struktur besar ini yaitu Anda bisa mendengar gema yang memantul saat berjalan-jalan di dalamnya. Angkor Wat juga memiliki banyak artefak sejarah yang menunjukkan peperangan antara iblis dan dewa. Jika Anda suka traveling, maka kuil yang penuh sejarah ini sangat kami sarankan.