Jadilah Agen Perubahan

Oleh: Bhikkhu Aggacitto Thera ,

– Pembina di Sigalovada Foundation

– Kepala Vihara di Pubbārāma Buddhist Centre

=============================

Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammasambuddhassa

Keputusan adalah awal dari perubahan dan perubahan mulai saat anda memutuskan pada setiap momen. Perubahan dalam hidup akan dapat terwujud apabila anda berani mengambil keputusan dari awal, keberanian adalah salah satu kuncinya. Namun sebagian besar orang terjebak pada kondisi dimana ketakutan dan kekhawatiran untuk mengambil keputusan di setiap peluang momen penting, sehingga kesempatan yang seharusnya dapat dicapai akhirnya tersia-siakan.

Perubahan hidup akan benar-benar terwujud apabila anda menghendaki perubahan tersebut. Karena andalah yang sesungguhnya penentu dan eksekutornya, “sepertihalnya suatu kapal yang hendak ingin berlayar, bila nahkoda tidak membawa dan mengarahkan pada arah tujuan yang ingin ditempuh maka tidak sampailah kapal tersebut. Peran utama yang menentukan adalah nahkoda”.  Buddha menegaskan bahwa; Pikiran adalah pelopor dari segala sesuatu, pikiran adalah pemimpin, dan pikiran adalah pembentuk [Dpd. Yamaka Vagga I.I].

Untuk mendapatkan segala sesuatu memang dibutuhkan yang namanya perjuangan, perjuangan yang paling terpenting disini adalah bagaimana mengalahkan rasa takut dan rasa khawatir yang telah mensugesti pikiran menjadi tidak produktif, dengan demikian akan muncul rasa percaya diri dan terbangunnya mental produktif yang baik, dan selanjutanya usaha untuk mencoba dan melakukan akan menjadi titik awal menuju proses pada apa yang dicita-citakan. Karena segala sesuatu yang dilakukan melalui pikiran benar, pengertian benar dan usaha benar akan benar-benar menghasilkan suatu hasil yang baik.

“Kayirace kayirathenam dalhamenam parakkhame; hendaknya seseorang melakukan sesuatu dengan sepenuh hati niscaya semua akan indah pada akhirnya [Dpd. 313]. Pertimbangannya tidak seberapa banyak yang akan didapat melainkan seberapa banyak pengalaman menuju titik apa yang sudah dicapai adalah suatu hasil yang berharga dari sesuatu yang lainnya.

Ingatlah bahwa meski dalam kondisi yang tidak menyenangkan sekalipun namun apabila pikiran anda selalu melihatnya dari sisi positif dan selalu berusaha tegar, maka semua itu tidak akan memberikan pengaruh buruk pada kehidupan yang anda jalani. Hadapi semua fenomena hidup ini dengan penuh senyuman manis, abaikan pikiran-pikiran yang pesimis, bangunlah sikap optimis pada diri.

Sadari, relakan dan lihatlah semua itu sebagaimana adanya karena apapun itu tidaklah abadi, niscaya spirit hidup akan semakin lebih besar anda dapatkan. “Tadi malam hanyalah mimpi, esok hanyalah lamunan. Namun hari ini yang di jalani dengan baik membuat setiap hari kemarin menjadi mimpi indah dan setiap hari esok adalah bayangan harapan dan kegembiraan. Karenanya, hadapilah hari ini sebaik-baiknya [Kalisada].

Hidup seyogianya harus disyukuri dan tidak disia-siakan, karena ketika dapat mensyukuri hidup ini maka pada akhirnya anda akan dapat dan mampu mengoptimalkan segala sesuatu yang dijalani menjadi semakin lebih baik. Buddha selalu menuturkan bahwa; janganlah pernah sekalipun menyesalkan masa lalu yang pernah terjadi, janganlah pernah mendambakan terlalu tinggi masa yang akan datang, tetapi hiduplah pada saat ini. Karena hari ini yang di jalani dengan baik akan menentukan hari esok dan hari esok akan menentukan hari selanjutnya.

Berusahalah dengan tekun jangan pernah menyerah, hidup anda saat ini ibaratkan bagian dari medan perang, untuk itu beranilah berjuang demi kemenangan diri anda. “Bangun, jangan lengah, tempuhlah kehidupan ini dengan benar. Barang siapa menempuh kehidupan dengan benar, maka ia akan hidup bahagia didunia ini maupun dikehidupan yang akan datang [Dhp. Loka Vagga; XII. 168].

Sabbe Satta Bhavantu Sukkhitata

Semoga semua makhluk turut berbahagia, 

Sadhu… Sadhu… Sadhu…