Jangan Takut Berbuat

Ketika Anda merasa mempunyai suatu gagasan sempurna, tetapi selalu gagal untuk diutarakan, besar kemungkinan Anda ragu dan tidak percaya diri. Mungkin Anda telah membayangkan bagaimana akibat atau apa hasil dari perbuatan Anda dan Anda takut Anda akan gagal. Jangan pernah memikirkan hasil akhir, karena dengan demikian, Anda tidak akan pernah memulai. Ingatlah, bahwa “Anda tidak akan berbuat bila Anda tidak memulai”.

Begitu banyak orang senang menunggu dan menunggu. Mereka selalu mengatakan sesuatu akan datang pada mereka dengan sendirinya sambil berharap “bintang akan jatuh dari langit”. Hal ini tidak akan terjadi karena waktu adalah musuh, bukan berada di pihak Anda.

Saya teringat akan suatu kejadian. Seorang anak kecil terengah-engah berlari mengejar bis kota dari satu jalan ke jalan yang lain, tapi yang didapatinya malahan bisnya pergi menjauh dan menghilang. Dengan perasaan iba, Saya mendekatinya dan berkata, “Seandainya kamu bisa berlari lebih kencang, mungkin saja bisnya masih terkejar”, dan dengan terengah-engah anak kecil tersebut menyela, “Saya sudah berlari cukup kencang, hanya terlambat untuk memulainya”.

Hasil akhir merupakan faktor kedua. Seandainya Anda bertindak, tetapi gagal atau Anda melakukan suatu kesalahan, bukankah itu lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa. Satu-satunya orang yang tidak pernah berbuat kesalahan adalah orang yang tidak melakukan apa-apa sama sekali, dan itu adalah kesalahan paling besar dari semua kesalahan.

Tapi, bertindak bukan hanya sekedar bertindak atau melakukan tindakan yang tergesa-gesa tanpa pertimbangan. Jangan melakukan sesuatu dengan tergesa-gesa sampai tidak ada waktu untuk membicarakannya dengan orang lain. Tindakan yang tergesa-gesa tidak dapat disamakan dengan tindakan yang kita bicarakan. Bertindak dengan pertimbangan yang matang dapat membangun dan mengarah pada kemajuan, sebaliknya tindakan yang tergesa-gesa justru akan merusak badan dan jiwa.

Selama perbuatan itu baik dan bijaksana, Anda tidak perlu merasa takut. Walaupun pada kesempatan ini Anda gagal, jadikan itu sebagai pelajaran bagi Anda, karena tidak ada keberhasilan tanpa diawali dengan kegagalan. Kalau Anda ingin berhasil, jangan ragu untuk bertindak.

Uṭṭhānenappamādena, saññamena damena ca; 
Dῑpaṁ kayirātha medhāvῑ, yaṁ ogho nābhikῑrati.
Dengan usaha yang tekun, semangat, disiplin, dan pengendalian diri, hendaklah orang bijaksana, membuat pulau bagi dirinya sendiri, yang tidak dapat ditenggelamkan oleh banjir.
(Dhammapada syair 25)
Sumber: Majalah Dharma Prabha No. 34, Maret 2002