Kalpa dalam Agama Buddha

Agama Buddha adalah agama yang memiliki aspek sederhana dan juga rumit. Bagian agama Buddha yang rumit misalnya kosmologi, atau sistem bagaimana dunia ini dimulai dan cara kerjanya, menjelaskan tentang bagaimana berbagai dunia yang jumlahnya tak terbatas bisa muncul dan juga hancur. Orang-orang Buddhis menggunakan kata “kalpa” untuk menandakan lamanya waktu dalam keberadaan dunia dan alam semesta.

Apa itu Kalpa?

Kalpa adalah konsep dalam kosmologi Buddhis untuk menyatakan lamanya periode waktu yang meliputi pembentukan, keberadaan, kehancuran, dan akhir dari keberadaan dunia atau alam semesta. Kalpa hampir sama konsepnya dengan eon. Pada awalnya, satu kalpa dikira berlangsung selama 4 juta tahun, tapi akhir-akhir ini para sarjana Buddhis memperluas konsepnya menjadi lebih umum. Kalpa sekarang digunakan untuk merujuk pada periode waktu yang lama sekali di mana terdapat perubahan-perubahan besar terjadi di dalamnya.

Satu Kalpa Seberapa Lama?

Suatu ketika Sang Buddha ditanyai berapa lama satu kalpa itu, dan Beliau menjawabnya dengan suatu kiasan. Dia menjawab bahwa satu kalpa adalah waktu yang dibutuhkan satu batu berukuran 25×25 km agar bisa terkikis oleh sentuhan kain setiap 100 tahun sekali. Kiasan lain menjelaskan satu kalpa itu seperti kubus berukuran 25×25 km yang kosong. Jika Anda memasukkan satu biji mustard yang kecil setiap 100 tahun sekali, maka kubus akan dipenuhi setelah satu kalpa berlalu. Dari kiasan ini bisa diketahui bahwa satu kalpa itu adalah waktu yang sangat lama sekali. Wajar saja, karena satu kalpa berarti lamanya waktu dari suatu sistem dunia tercipta hingga hancur.

Jenis-jenis Kalpa

Panjang kalpa bisa berbeda-beda. Kalpa yang pendek lamanya kira-kira 16,8 juta tahun. Kalpa sedang sekitar 320 miliar tahun lamanya, sedangkan kalpa yang panjang kira-kira 1,28 triliun tahun. Bisa dilihat bahwa pemikiran tentang waktu dalam kosmologi Buddhis mencakup jangkauan waktu yang besar sekali, dengan jumlah dunia tak terbatas yang ada di masa lalu dan akan datang di masa depan.

Kalpa yang Sekarang

Biasanya kalpa disebutkan untuk merujuk pada kemunculan para Buddha. Dalam kalpa ini, kita dianggap beruntung karena sudah ada 5 Buddha yang muncul, yaitu Buddha Kusanda, Buddha Konagamana, Buddha Kassapa, dan Buddha Sakyamuni. Sedangkan satu lagi, yaitu Buddha Maitreya, akan datang di masa depan, kira-kira 80.000 tahun sebelum berakhirnya kalpa ini.