Kenapa Kita Harus Memiliki Patung Buddha

Buddhisme adalah salah satu agama yang paling populer di seluruh dunia. Berasal dari India pada abad ke-5 dan 6 SM oleh Buddha Gautama, agama Budda telah menyebar ke seluruh Asia dan merupakan agama dominan di negara-negara seperti Jepang, Thailand, Myanmar, Kamboja, Nepal, Sri Lanka, dan Tibet. Ajaran Buddha telah mendapatkan popularitas yang luas berkat globalisasi sehingga membuatnya menjadi salah satu agama besar di dunia.

Kepopuleran Buddhisme merupakan salah satu alasan atas banyaknya pertanyaan dan rasa keingintahuan terhadap Buddha. Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan adalah tentang patung Buddha. Hal ini karena tidak semua patung Buddha itu sama; Buddha yang berbeda memiliki bentuk, ukuran, gestur atau mudra, dan presentasi yang berbeda pula. Variasi-variasi ini bukan hanya sekadar dekorasi saja, melainkan memiliki arti-arti dan asal usul tertentu sesuai dengan ajaran Buddha.

Pentingnya Patung Buddha

Patung atau gambar Buddha bukan hanya perwakilan fisik atau penggambaran bagaimana penampilan para Buddha secara fisik, tapi merupakan simbol dari ajaran Buddha, kedamaian, dan faktor motivasi bagi kita. Diyakini bahwa membaca paritta atau berdoa di depan patung Buddha dapat memberikan semacam kepuasan dalam diri yang kemudian akan menciptakan kedamaian dalam batin, pikiran, dan jiwa. Karena Buddha bukan sekedar nama tapi adalah semacam gelar, patung Buddha mewakili bagaimana seseorang bisa mencapai pengertian penuh mengenai hidup dengan cara paling dalam.

Sebuah patung Buddha akan memicu dan mengingatkan pemiliknya untuk tetap mempertahankan iman dan juga latihan meditasi mereka. Selain itu, patung Buddha juga membersihkan pikiran, membangun ketenangan dalam diri, dan memotivasi kita untuk mengalahkan emosi negatif seperti rasa takut, serakah, iri hati, dan kebencian, sehingga pikiran akan lebih ringan dan dapat memfokuskan perhatian pada realita duniawi. Penganut agama Buddha meyakini patung Buddha sebagai sumber yang penting untuk menyampaikan disiplin diri dan ketenangan batin. Memiliki patung Buddha di rumah juga dipercaya dapat membantu seseorang memunculkan hasil paling baik dalam hal perjalanan spiritual serta menciptakan aura positif di sekitar patung.

Kenapa Kita Harus Memiliki Patung Buddha
Kenapa Kita Harus Memiliki Patung Buddha

 

Patung Buddha untuk Meditasi

Patung Buddha juga dapat memberikan semacam aura motivasi bagi para peminat meditasi. Banyak orang yang suka bermeditasi punya setidaknya satu patung Buddha dan menganggapnya sebagai sumber inspirasi untuk mencapai tujuan meditasi mereka. Dipercaya bahwa patung Buddha dapat membantu untuk berkonsentrasi dalam meditasi, sehingga bisa membantu praktisi mencapai tingkatan meditasi lebih tinggi sebab Buddha sendiri mencapai Penerangan dengan mempraktikkan meditasi.

Patung Buddha sebagai Hadiah

Alasan lain membeli patung Buddha yaitu untuk diberikan sebagai hadiah bagi orang-orang tercinta yang beragama Buddha, suka patung antik, atau meditasi. Beberapa orang juga menggunakan patung sebagai hiasan di ruang tamu atau di taman. Patung Buddha adalah hadiah yang bagus diberikan kepada orang lain karena dapat memotivasi dan memberi inspirasi untuk mencapai kedamaian dan kebahagiaan dalam diri.