Seni, Praktik, dan Manfaat Meditasi Vipassana Bersama Bhikkhu Viriya Dhammo

Sekarang ini, meditasi sudah mulai populer di seluruh dunia. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bermeditasi. Terdapat banyak jenis meditasi, tapi di artikel ini, kita akan fokus pada meditasi Vipassana.

Apa Itu Meditasi Vipassana?

Meditasi Vipassana juga dikenal sebagai meditasi yang melihat ke dalam. Anda harus sadar tepat pada keadaan yang terjadi pada saat ia terjadi. Ini artinya melihat keadaan apa adanya. Cara melakukannya yaitu dengan melatih memperhatikan sensasi yang dirasakan tubuh, dan dengan melakukan hal tersebut, Anda akan memahami sifat sejati dari keberadaan. Vipassana adalah kondisi yang mengistirahatkan pikiran dengan berfokus pada objek tertentu. Meditasi vipassana juga disebut sebagai meditasi pandangan terang.

Meditasi ini dipercaya merupakan bentuk meditasi paling kuno dari India yang diajarkan oleh Sang Buddha sendiri. Biasanya mempelajari meditasi ini memerlukan retret selama 10 hari dengan dibimbing oleh seorang ahli.

Manfaat Meditasi Vipassana

Seni, Praktik, dan Manfaat Meditasi Vipassana
Seni, Praktik, dan Manfaat Meditasi Vipassana

Meditasi vipassana bertujuan untuk mencari jati diri, menggunakan proses perhatian. Anda pelan-pelan sadar akan apa yang terdapat di balik gambaran diri yang Anda tunjukkan ke orang lain dan membangunkan Anda untuk menghadapi realitas hidup. Meditasi Vipassana adalah suatu bentuk latihan mental yang memungkinkan Anda untuk melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Untuk pertama kalinya, Anda akan bisa membedakan aoa yang sedang terjadi pada dan di sekitar Anda.

Agar Anda bisa mempelajari meditasi ini, Anda harus melepaskan semua stereotip dan prasangka yang Anda tahu selama ini. Anda harus bersikap seperti seseorang yang mau belajar dan memahami sifat sejati dari hidup.

Vipassana juga memakai aspek memfokuskan perhatian. Agar Anda dapat mengembangkan kesadaran, Anda harus bisa berkonsentrasi. Meskipun kedengarannya mudah, sebenarnya berkonsentrasi bisa cukup sulit dilakukan, lho. Pikiran dan batin itu agak-agak sulit diajak kerja sama. Supaya Anda bisa berfokus dengan lebih baik, Anda harus melatih diri. Inilah kenapa meditasi Vipassana mengharuskan para praktisinya untuk berfokus pada pernafasan terlebih dahulu. Memang butuh waktu dan latihan yang panjang, tapi hasilnya benar-benar sepadan. Sekali Anda berhasil, Anda akan dapat melihat dunia dan hidup dengan pandangan baru.

Untuk lebih singkatnya, berikut ini daftar manfaat meditasi Vipassana.

  • Kesehatan yang meningkat tajam: berkurangnya stress, kecemasan, depresi, dll.
  • Tidur lelap dan menyegarkan tiap malam.
  • Pandangan dan pemahaman lebih baik terhadap cara kerja dalam pikiran.
  • Intuisi kuat, yang bisa dengan akurat membimbing Anda dalam hidup.
  • Pola pikir benar untuk mencapai kesuksesan pribadi dan profesional.
  • Mendiamkan “suara ribut dalam pikiran”, sehingga diri Anda menjadi damai dan kukuh.
  • Merasa lebih terhubung dengan semua makhluk hidup, serta memunculkan rasa cinta dan kasih sayang.
  • Kekuatan otak, memori dan ingatan kognitif yang lebih baik.
  • Pemikiran jelas dan sadar dengan kreativitas tinggi.
  • Lebih mudah mengakses kekuatan batin.
  • Mudah menyembuhkan pikiran mental, emosional, dan fisik.
  • Kesadaran batin yang sangat tinggi.
  • Yang paling penting, mencapai pandangan terang.

Bagi Umat Buddhis di Kota Medan dan sekitarnya bisa mengikuti Kegiatan Viriya Uttama Vippasana dengan Jadwal sebagai berikut :

1.. Tanggal 3 Maret di Vihara Sujata, Medan

 

2. One Day Meditation : Tanggal 16-17 Februari 2019

Manfaat Meditasi Vipassana

===

2. One Day Meditation : Tanggal 23-24 Maret 2019

Manfaat Meditasi Vipassana
Manfaat Meditasi Vipassana

===

3. Two Day Meditation : Tanggal 19-21 April 2019