Menjelajahi Hutan Belantara

Persepsi

Manusia memiliki sebah hard disk yang berkapasitas besar, yang tampaknya seolah-olah tidak pernah penuh, entah itu ukurannya Gigabyte? Terabyte? Petabyte? Hard disk ini bernama Gudang Kesadaran (Alayavijanana) dalam bahasa teknis ajaran Buddha, bayangkan sebuah gudang besar yang bisa Anda simpan apa saja. Sekarang coba bayangkan “gajah pink”, simpanlah “gajah pink” dalam gudang kesadaranmu. Walaupun kenyataannya kita belum pernah melihat “gajah pink” namun gajah ini bisa kita ciptakan dan simpan dalam gudang kesadaran.

Menjelajahi Hutan Belantara
Menjelajahi Hutan Belantara

Alam pikiran manusia selalu bekerja erat dengan panca indra, apapun yang kita lihat akan otomatis terjadi proses membanding-bandingkan dengan informasi yang ada dalam gudang kesadaran. Bayangkan saja mesin pencari Google yang meng-indeks berbagai informasi, apapun keywords yang Anda masukkan, maka mesin pencari itu akan membandingkan dengan database yang ada, kemudian menampilkan informasi sesuai dengan tingkat kecocokannya.

Gudang kesadaran telah menyimpan begitu banyak informasi, saking banyaknya informasi, kadang kita tidak bisa mengidentifikasi informasi dengan jelas dan bahkan gagal mempresentasikan informasi dengan akurat, justru inilah menjadi masalah utama manusia, kita lebih sering mempresentasikan informasi-informasi keliru sehingga yang terjadi adalah pertengkaran, penuduhan, penghakiman, dan sejenisnya. Ternyata ada proses mental ini memiliki sistem kerja seperti mesin Google, proses mental akan selalu melakukan pencarian dan pencocokan (searching and matching), suplai keywords juga banyak sekali berasal dari mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit.

lanjut —>