Rayakan Cap Go Meh Ala Buddhis

Cap Go Meh adalah tradisi tahunan yang dirayakan masyarakat keturunan Tionghoa 15 hari setelah Imlek setiap tahunnya. Cap Go Meh menandakan berakhirnya Tahun Baru Imlek. Biasanya kita bisa melihat pertunjukan barongsai, liong, atau atraksi khas daerah. Selain itu, ada juga tradisi mengarak-arak patung dewa dewi keliling jalan di sekitaran vihara.

Cap Go Meh berasal dari bahasa Hokkien, yang artinya malam ke-15 (cap go artinya 15 dan meh artinya malam). Perayaan ini juga dikenal sebagai Festival Lampion di Taiwan, di mana masyarakat di sana akan menulis permohonan dan doa pada lampion dan melepaskannya ke angkasa. Di Asia Tenggara, Cap Go Meh disebut sebagai hari Valentine Tionghoa, sebab di Penang, Malaysia, terdapat tradisi di mana wanita-wanita yang belum menikah akan sama-sama melemparkan jeruk ke laut.

Cap Go Meh juga bertepatan dengan hari ke-15 menurut penanggalan lunar. Setiap tanggal 1 dan 15 penanggalan lunar merupakan hari Uposatha dalam agama Buddha. Pada hari Uposatha, umat Buddha pergi ke vihara untuk mendengarkan Dhamma, melaksanakan Atthasila, bervegetarian, dan berbuat baik. Banyak umat Buddha menggunakan hari Uposatha sebagai kesempatan untuk berlatih dan mempelajari ajaran Buddha lebih lanjut di tengah-tengah kesibukan sehari-hari yang padat.

Sebagai umat Buddha, kita hendaknya rayakan Cap Go Meh dengan hal-hal positif dan menanam benih kebajikan, karena dengan karma baik lah kita bisa hidup bahagia selanjutnya. Cap Go Meh juga merupakan kesempatan untuk meningkatkan kebersamaan antar sesama, antar etnis, dan antar agama. Sekarang sudah banyak kesenian asli Indonesia yang juga diikutkan dalam perayaan ini. Sedangkan kegiatan mengarak-arak dewa dewi akan mengingatkan kita untuk selalu bersyukur dan berterima kasih atas berkah dan rejeki yang selama ini sudah diberikan.

Yuk kita manfaatkan hari Cap Go Meh untuk menguatkan keyakinan kita terhadap Buddha Dhamma serta meningkatkan tekad untuk menjadi manusia yang lebih baik. Semoga semua makhluk berbahagia.

Happy Cap Go Meh!