Sekeping Coklat Untuk Jantung Sehat

Sebuah perusahaan asuransi Jerman memberi informasi kepada klien mereka untuk banyak mengkonsumsi coklat jika mereka ingin terhindar dari resiko serangan jantung. Saat ini banyak ilmuwan yang telah menyetujui bahwa antioksidan yang terdapat dalam kokoa dapat mengurangi resiko terjadinya serangan jantung koroner.

Namun ini baru pertama kalinya perusahaan asuransi mengambil inisiatif untuk mengkampanyekan penemuan ini kepada klien mereka. Perusahaan asuransi German DAK mengatakan bahwa plain coklat baik bagi jantung, kutipan kalimat ini diperkuat oleh hasil penelitian kesehatan yang dilakukan di Yunani.

Produk coklat dan kokoa diketahui kaya akan flavanols – suatu bahan alami yang terdapat dalam berbagai makanan atau minuman seperti teh dan anggur merah. Berdasarkan peninjauan lebih jauh dari Jurnal Kardiologi Inggris, percobaan telah menunjukkan bahwa flavanols mempunyai pengaruh yang menguntungkan bagi kelancaran pembuluh darah.

Sebagai informasi, penyakit kardiovaskular ini merupakan pembunuh nomor satu di negara-negara berkembang. Penyebab utamanya adalah pembuluh arteri yang tersumbat.

Perusahaan asuransi itu juga mengatakan bahwa ternyata fakta mengenai coklat itu benar adanya sehingga mereka memutuskan untuk menganjurkan kliennya menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi coklat. Namun perusahaan itu juga mengingatkan agar dalam mengkonsumsi coklat jangan sampai berlebihan karena banyak mengkonsumsi coklat juga beresiko meningkatkan berat badan. Mengkonsumsi sebatang coklat sehari pun sudah dinilai terlalu banyak.

 

Sumber: Majalah Dawai Edisi 44, Agustus – September 2006